Jenis – Jenis Teh

pouch n cup tea

Cup of Green Tea
(pict : 123rf.com)

Gak tau sejak kapan tepatnya, saya jadi maniak dengan Teh. Sekarang minum teh tanpa gula pun mulai doyan, padahal dulu teh kalau tanpa gula gak akan pernah tersentuh ^_^

Bukan hanya teh biasa yang saya suka, saya juga suka banget yang namanya teh instan (botol) . Dari berbagai merk suka saya cobain. Sempat saya stok banyak teh merk Mirai Ocha hahaha. Kulkas hampir penuh dengan teh itu.

Meskipun saya suka teh, saya tidak tahu jenis-jenis teh itu apa aj 😀 . Sampai akhirnya karena kemarin sempat baca artikel di www.pernikmuslim.com tentang “Menangkal Bau Mulut dg Herbal Alami” disitu dijelaskan bahwa Teh Hitam dan Teh Hijau dapat membantu mengurangi bau mulut. Karena hal tersebut lah saya jadi penasaran apa itu teh hitam , jadi ingin tahu jenis-jenis teh 😀
Continue reading

Advertisements

Manggis buah Favorit , yang kaya manfaat untuk kesehatan

manggis cartoon

(images : colourbox.com)

Suasana badan masih belum fit sampai minggu ini,hal ini adalah rekor dalam hidup sakit yang sudah dibawa ke dokter  belum sembuh-sembuh juga. Biasanya saya sangat suka camilan-camilan instan dan juga minuman instan seperti teh botol dengan berbagai merk. Sejak sakit ini gak tau kenapa makanan instan begitu pahit di mulut -_-” (padahal ingin sekali makan camilan dan minuman-minuman yang manis).

Akhirnya untuk camilan, saya beli buah-buahan . Lumayan selain manis, sehat dan tentunya aman dari pengawet. Gak tau ini lagi musim atau gimana yang pasti kemarin pas di penjual buah nemu buah Manggis langsung aja pilih buah itu untuk dibeli. Secara saya suka banget sama manggis. Kalau di desa saya dekat dengan daerah penghasil manggis, manggis nya besar-besar dan segar (mungkin karena belum lama memetiknya).

Awalnya tidak begitu tau dan tidak begitu perduli dengan khasiat atau apalah yang ada di buah manggis. Yang ada hanya saya suka buah itu karena manis 😀 . dulu waktu kecil saya suka memanjat pohon manggis ini, sambil memetik buahnya dan memakannya di pohon :)) hahahaha. Setelah saya liat-liat artikel dan membacanya ternyata banyak khasiat dari buah dan kulit manggisnya.Nih khasiat2 yg aku peroleh dari membaca suaramerdeka.com

Buah manggis mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yaitu kandungan senyawa xanthone nya. Senyawa Xanthone ini bersifat sebagai anti kanker, anti peradangan, anti bakteri, anti fungsi, anti diabetes, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu ada manfaat lain dari manggis ini :
Read More … [Manggis buah Favorit]…

Beberapa Hal Salah Yang Kita Lakukan Saat Insomnia

Barusan baca artikel di detikhealth, tentang kesalahan yang sering kita lakukan saat insomnia. Dan parahnya , hal itu lah yang sering aku lakuin saat Insomnia. Apa saja hal-hal yang malah akan memperparah susah todur kita. Ayo simak 😉

Kesepuluh kebiasaan yang keliru dilakukan untuk mengatasi insomnia antara lain seperti dilansir Huffington Post, Senin (5/12/2011) adalah:

1. Berusaha Keras Agar Dapat Tidur
Percaya bahwa tidur harus disengaja dan bahkan menghitung sesuatu, domba misalnya, agar dapat tidur justru membuat tubuh tetap terjaga. Dengan melepaskan niat untuk tidur, kita akan merasa bahwa proses antara tidur dan bangun terjadi dengan tidak disadari.

Tidak ada yang perlu dilakukan agar dapat tertidur, biarkan terjadi begitu saja.

2.Banyak Terpapar Cahaya Pada Malam Hari
Agar dapat rileks, kita biasanya menghabiskan waktu membaca buku atau menonton TV sebelum tidur. Memang nyaman rasanya, namun hal itu menyebabkan mata terpapar cahaya terlalu banyak.

Lampu malam hari, terutama cahaya panjang gelombang biru, mendorong tubuh agar tetap terjaga dan menekan pengeluaran melatonin, hormon yang membuat tubuh rileks dan tidur nyenyak. Gunakan kacamata khusus yang dapat menyaring panjang gelombang cahaya biru dan mendongkrak produksi melatonin.
Continue reading

Cara Supaya bisa Bahagia, dan sejenak melupakan kesedihan :)

Wah … lagi sering sedih, eh nemu tips untuk bahagia di Forum Detik . Kalau temen2 ada juga yang sedang mengalami kesedihan atau gak sedih tapi ngerasa gak bahagia ,,,mungkin tips ini bisa bantu kalian juga. Mari kita coba menerapkan tips-tips ini di hidup kita 🙂 *smoga bisa ya….!!*


Tujuan dari kehidupan manusia adalah kebahagiaan, begitu kata pemimpin spritual Tibet, Dalai Lama. Dalam hidupnya manusia selalu mencari kebahagiaan, menjadi bahagia adalah sebuah proses panjang dalam hidup manusia.

Situs The Telegraph, Selasa 12 April 2011, menulis tentang 10 kata kunci yang bisa melapangkan sesorang menuju bahagia. Inilah sepuluh kata itu.
1. Memberi
Berbuatlah untuk orang lain, membantu sesama. Misalnya, Anda bisa menjadi sukarelawan dalam sebuah acara amal di saat senggang.
2. Berhubungan
Menjalin hubungan dengan orang lain dan jaga hubungan itu. Segera kontak teman baik Anda yang sudah lama tidak Anda hubungi.
3. Olahraga
Rawat tubuh Anda. Mulailah berlari hari ini juga.
4. Menghargai
Perhatikan hal-hal yang ada di sekitar Anda dan menghargai hal tersebut.
5. Mencoba
Selalu mencoba dan belajar hal baru. Misalnya, belajar bahasa asing.
Continue reading

12 Tips untuk Tidur Malam Baik

Alhamdulillah dapat artikel ini bisa dicoba nih, dah hampir 1 mingguan gak bisa tidur. Baru bisa tidur setelah subuh , atau malah kadang jam 3 mata dah berat untuk menunggu subuh 😀 .

Mungkin ada teman2 yg juga sedang mengalami hal yang sama sperti saya, tips dibawah ini smoga bisa membantu kalian juga 🙂

Banyak orang menderita kesulitan tidur setiap tahun. Tidur ahli menyarankan jumlah yang berbeda dari tidur yang diperlukan untuk malam yang tenang bervariasi dari orang ke orang, tapi kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh sampai sembilan jam tidur setiap hari.

Sebuah gaya hidup yang sibuk dapat membuat sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Kerja, tanggung jawab rumah tangga, merawat anak-anak, studi, dan stres terus menerus dapat membuat tidur sulit untuk datang. Jika Anda juga menambahkan tantangan yang tak terduga kita akan menghadapi seperti, stres kerja, kekhawatiran keuangan, masalah hubungan, atau penyakit medis, kualitas tidur mungkin lebih sulit untuk dicapai. Jika kurang tidur kronis berkembang, dapat membuat Anda mudah marah atau depresi, mengganggu hari ke hari dan konsentrasi berfungsi, menyebabkan berat badan, dan meningkatkan produksi hormon stres Anda dan tekanan darah. Untuk bersikap realistis, Anda mungkin tidak dapat mengendalikan lingkungan di sekitar Anda atau bahkan menghilangkan semua faktor yang mengganggu tidur Anda, tapi Anda dapat membantu diri Anda untuk malam lebih tenang dengan mengadopsi beberapa kebiasaan tidur yang baik.
Continue reading

Jangan Abaikan Sakit Punggung

Pegal-pegal pada punggung kerap diabaikan atau dianggap sepele. Padahal, rasa pegal yang sering menyerang pinggang, leher, atau bahu pertanda ada yang salah dengan tulang belakang kita.

Rasa pegal adalah salah satu gejala kelainan tulang belakang. Kondisi ini terjadi karena otot bekerja keras menopang postur tubuh yang mengalami perubahan.

Jika postur tubuh tidak segera diperbaiki, rasa pegal bisa berubah menjadi nyeri hebat. Rasa nyeri ini dapat menjalar ke anggota tubuh lain, seperti tangan, kaki, bahkan juga kepala.

Selain nyeri, ada juga yang merasakan kesemutan pada kaki atau tangan ketika digunakan untuk beraktivitas. Jika kelainan tulang belakang tidak segera ditangani, dikhawatirkan akan menjepit saraf yang bisa berakibat pada kelumpuhan.

Ahli bedah ortopedi dari Rumah Sakit Pluit dan Rumah Sakit Gading Pluit, Bambang Darwono, mengungkapkan, kita harus waspada jika sering merasa pegal setiap kali melakukan kegiatan tertentu.

Kelainan tulang belakang sering tidak disadari karena munculnya tidak langsung disertai rasa sakit. Rasa sakit baru muncul setelah bertahun-tahun kita melakukan sikap yang salah, seperti cara duduk yang salah, sering mengangkut barang yang terlalu berat, atau posisi tidur yang salah, dan lain-lain.

Bambang mengatakan, sakit pada punggung sumber penyebabnya bermacam-macam. Ada yang disebabkan tulang belakang yang bergeser, bantalan tulangnya ambles atau menonjol, degenerasi tulang, saraf terjepit, dan lain-lain.

Manusia sebagai satu-satunya makhluk yang berdiri tegak memang rentan mengalami masalah pada tulang belakang. Pasalnya, tulang tersebut berfungsi menegakkan tubuh sehingga kita bisa berjalan dengan dua kaki.

Adapun bagian yang paling sering mengalami “cedera”, menurut Bambang, adalah punggung bagian bawah atau biasa kita sebut pinggang. “Pinggang merupakan bagian terbawah dari tulang belakang sehingga bagian ini menanggung beban paling berat,” kata Bambang.

Mengutip statistik bidang kedokteran, Bambang mengatakan bahwa sebanyak 80 persen manusia dewasa, baik perempuan maupun laki-laki, pernah mengalami sakit pinggang. Namun, tingkatan dan penyebab sakit pada setiap orang tidak sama.

“Orang bisa sama-sama mengeluh sakit pinggang, tetapi setelah diperiksa lengkap ternyata penyebabnya tidak sama,” ujar Bambang.

Sikap tubuh

Untuk mengurangi risiko sakit pinggang, Bambang menganjurkan agar kita mulai memperhatikan sikap tubuh saat berkegiatan. Posisi tubuh kita saat berkegiatan, meskipun itu hanya duduk atau berdiri, bisa menimbulkan risiko sakit pinggang.

Menurut Bambang, ada penelitian yang dilakukan seorang profesor di bidang kesehatan tulang dari Swedia bernama A Nachemson. Nachemson meneliti berapa beban yang ditanggung oleh pinggang dalam berbagai posisi tubuh.

Pada penelitian itu Nachemson memasukkan jarum ke pinggang sukarelawan lalu menghubungkannya dengan alat pengukur. Pada saat orang itu berdiri tegak, beban yang ditanggung pinggang orang tersebut ia beri nilai 100.

Ketika orang itu duduk, ternyata beban yang ditanggung pinggang masih lebih besar dibandingkan posisi berdiri. Pada saat duduk membungkuk, beban yang ditopang pinggang nilainya 145.

Sementara pada posisi duduk tegak nilai bebannya berkurang menjadi 125. “Itu sebabnya orang yang terlalu banyak duduk lebih sering terkena sakit pinggang,” kata Bambang.

Posisi yang paling berat membebani pinggang adalah posisi tubuh membungkuk untuk mengangkat sebuah benda. Pada posisi ini pinggang harus menanggung beban yang nilainya di atas 175, tergantung berapa berat benda tersebut. Dari berbagai posisi tersebut, posisi rebah adalah yang paling ringan membebani pinggang, nilainya hanya 30.

Bagi orang yang banyak bekerja di depan meja, Nachemson berhasil menemukan posisi duduk yang ideal agar beban di pinggang tidak terlalu berat. Pada saat duduk kita harus bersandar pada kemiringan 110 derajat dengan pinggang diganjal bantal kecil. Pada posisi ini, beban di pinggang hanya bernilai 75.

Berdasar penelitian ini, maskapai penerbangan menyediakan bantal-bantal kecil di kursi pesawat pada penerbangan jarak jauh. Tujuannya agar penumpang menggunakan bantal itu untuk mengganjal pinggang. Tetapi karena ketidaktahuan penumpang atau pramugari, bantal-bantal itu justru digunakan untuk kepala, tangan, dan lain-lain.

Kelainan tulang belakang juga berisiko pada orang-orang yang sering terkena getaran atau hentakan keras. Misalnya saja, orang-orang yang sering melakukan kegiatan bermobil off-road atau orang mengendarai mobil yang peredam kejutnya keras.

Bambang menyarankan, agar kelainan tulang belakang bisa segera ditangani, sebaiknya kita jangan mengabaikan rasa pegal atau nyeri pada punggung.

Jika duduk lama dan punggung mulai terasa pegal, misalnya, berarti kita harus segera meninggalkan kursi untuk jalan-jalan sebentar. “Pegal itu bahasa tubuh yang memberitahu kita bahwa ada yang harus diperbaiki,” tutur Bambang.

courtesy of kompas.com
by : Lusiana Indriasari

Fungsi Minum Air Putih

Bagi tubuh, paling tidak ada lima fungsi air.

1. untuk menjaga kelembaban organ di dalam tubuh. Artinya, bila organ di dalam tubuh kekurangan air, bentuknya akan semakin mengempis akibat kehilangan kelembaban. Bukan hanya organ penting dalam tubuh, tetapi juga kulit sebagai pembungkusnya.

2. untuk menjaga agar darah dan getah bening dalam tubuh mempunyai volume dan kekentalan yang cukup. Bila tubuh kurang cairan, darah dan getah bening akan menjadi kental karena cairan dalam darah dan getah bening disedot untuk kebutuhan dalam tubuh. Kalau sudah begitu, aliran darah tidak akan lancar karena sudah mengental.
Kondisi tersebut terutama menimpa mereka yang terbebani aktivitas fisik dan pikiran yang berisiko menimbulkan beban psikologis atau stres. Yang paling berbahaya adalah jika aliran darah menuju ke otak tersendat gara-gara kurang minum air putih.

3. untuk mengatur suhu tubuh. Seseorang yang kekurangan air, suhu tubuhnya akan menjadi panas dan naik. Namun, bila konsumsi air dalam tubuh cukup, suhu tubuh pun akan normal.

4. air minum dalam jumlah yang cukup banyak bakal mendorong terbuangnya racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Ya, air mampu membersihkan racun dalam tubuh lewat keringat, air seni, dan pernapasan.
Cairan yang keluar dari tubuh itu adalah racun. Saat kita hanya minum sedikit, air seni dan keringat pun akan sedikit. Itu artinya, racun dalam tubuh yang keluar juga menjadi sedikit. Nah, racun yang tidak keluar itu akan menumpuk dan meracuni organ-organ yang ada di tubuh. Akibatnya, kita akan mudah sakit dan tidak bugar.

5. air yang dikonsumsi sangat penting untuk mengatur struktur dan fungsi kulit. Bila tubuh kekurangan cairan, kulit akan menjadi kasar, berkerut, dan tidak segar alias cepat tua. Hal itu terjadi karena cairan yang ada dalam kulit menjadi hilang. (sumber :sinarharapan.co.id)

Enaknya Makan Sambal, Ternyata baik Juga buat Kesehatan

Banyak sekali orang suka sambal atau makan sesuatu dengan cabe. Karena tanpa sambal makan terasa kurang lengkap atau klo aku biasa bilang “g’ marem” alias g’ puas ato “kurang Mantap” He…he… ^^ .
Kadang-kadang dari mereka nafsu makannya bertambah karena makan dengan sambal.Memang sih, klo kebanyakan kurang baik juga. Tapi ternyata kandungan dalam Sambal juga baik untuk kesehatan lo, aku pernah baca di salah satu Majalah(namanya majalah ‘Nikah’).

Ternyata dalam sambal terdapat zat-zat gizi yg dpt mencegah terjadinya stroke, penyakit jantung, dan impotensi.

Bahan Utamanya ya tentu saja cabai rawit. Yang ternyata juga mengandung vitamin C dan Betakaroten (Pro Vit. A). Zat yg terkandung pada cabai mengalahkan buah-buahan seperti Mangga, Nana, atau Semangka. Bahkan kadar mineral, terutama kalsium dan fosfornya mengalahkan kandungan mineral yang ada pada Ikan Segar lo… Luar Biasa ya g’ sangka … 🙂

Salah satu bagian yang membuat cabai pedas adalah “kapsaisin” yang tersimpan pada urat putih cabai atau tempat melekatnya cabai. Dan tentu saja khasiat terbesar pada cabai terletak pada kapsaisin ini.
Sehingga Jika ingin mendapatkan khasiatnya mending g’ usah di ilangin klo takut pedas, cukup ambil sedikit aja sambalnya he…he… ^^

Menurut Kesehatan, kapsaisin bersifat antikoagulan, yaitu …………. menjaga darah tetap encer dan mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. SEHINGGA… 😀 … orang yg suka makan sambal dpt memperkecil kemungkinan menderita penyumbatan darah (aterosklerosis), shg mencegah munculnya  serangan stroke dan jantung koroner, SERTA impotensi.

Katanya lagi Kapsaisin juga baik dikonsumsi ketika sakit kepala menyerang. Rasa pedas darikapsaisin dpt menghalangi aktifitas otak ketika menerima sinyal rasa sakit dr pusat sistem saraf. Shg rasa sakitnya akan berkurang. Pada saat yg sama Kapsaisin akan mengencerkan lendir , shg dpt melonggarkan penyumbatan pada tenggorokan dan hidung, termasuk “SINUSITIS”.

Biasanya klo kita makan pedas, kebanyakan dari kita akan makan sambal lagi atau g’ kapok-kapok pada hal sudah kepedesan luar biasa. 😀 He…he…. Pengalaman sendiri nie… sbnernya ha…ha… :))

KEnapa bisa begitu???
Karena komponen Kapsaisin pada cabe bersifat “STOMATIK” yakni dapat meningkatkan gairah makan. Selain itu Kapsaisin mempunyai kemampuan untuk merangsang produksi hormon endorfin, yg mampu membangkitkan sensasi kenikmatan, shg kita terus ingin menkonsumsinya.

Manfaat Kapsaisin :::::

Sebagai anti radang dan mengobati bengkak dan bisul.

Warning !!! ^^

Meskipun enak, konsumsi sambal  tidak boleh berlebihan karena kandungan kapsaisin yg berlebihan bisa menyebabkan meningkatnya asam lambung yang akan menyebabkan sakit perut.

So…. sebagai Pecinta Sambal, Mari Kita Makan Sambal Lagi He…he…!!!

Manfaat Jahe Merah

Jahe merah merupakan salah satu jenis jahe yang paling unggul dibanding dengan jenis jahe yang lain. Didalamnya mengandung zat gingerol dan oleoresin yang sangat tinggi sehingga cocok sekali bagi penderita migran, pusing-pusing, dan untuk melancarkan peredaran darah agar tubuh yang loyo, kurang bersemangat, kurang bergairah, dan kurang perkasa, akan menjadi lebih kuat, bersemangat, keperkasaannya bertambah hebat. Dalam jahe merah juga mengandung minyak atsiri yang berfungsi  untuk memperbaiki pencernaan, perut kembung, menguatkan lambung sehingga tidak mudah luka atau memecah gas dalam perut sehingga pencernaan menjadi normal kembali serta menambah nafsu makan.

Secang mempunyai warna merah alami didalamnya mengandung zat: safrol, tanin, phenil prophil acetat, karminatif, dan stomakik. Zat – zat tersebut bermanfaat untuk : mengurangi stres, melonggarkan pernapasan, menambah nafsu makan, kaki tangan berkeringat, pemecah gas dalam  perut, dan memperbaiki pencernaan

MANFAAT JAHE MERAH adalah dapat mengobati :

1. Migrant ( sakit kepala separo )
2. Pusing-pusing ( yang bukan karena darahtinggi )
3. Melancarkan peredaran darah
4. Kurang perkasa ( menambah greng )
5. Memperbaiki pencernaan
6. Vertigo
7. Perut kembung ( memecah gas dalam perut )
8. Menguatkan lambung
9. Melonggarkan pernafasan
10.Mengurangi stress ( obat penenang alami )
11.Telapak kaki dan tangan berkeringat.
16.Asma

courtesy of kunirputih.tripod.com/interest.htm

SedikiT pengetahuan ttg Habbatussauda alias Jintan Hitam

Aku sama sekali g’ tau apa itu habbatussauda… yang aku ketahui adalah jintan hitam.

Kalau Jintan Mah… biasanya aku pake buat bumbu <dulu pernah waktu masak pake ini … 😀 >

Ternyata eh…ternyata, Habbatussauda tuh sama aja ma Jintan Hitan dan Manfaatnya bagi kesehatan buanyak banget.

Klo pengen tahu Baca Aja nie… ada artikelnya :

HABBATUSSAUDA – (JinTan HiTam)

Habbatussauda adalah sejenus tumbuhan yang banyak terdapat di kawasan di daerah Arab, Mesir, India atau daerah lain yg beriklim gurun. Bentuknya berupa biji kecil-kecil berwarna hitam sehingga orang arab menamakannya habbatussauda yg berarti biji hitam.
Habbatussauda telah digunakan ribuan tahun lamanya, terbukti dengan ditemukannya minyak habbatussauda di pekuburan Raja Mesir Kuno.
Rosululloh telah menganjurkan kita untuk menggunakan habbatussauda, “Sesungguhnya habbatussauda dapat mengobati berbagai penyakit, kecuali kematian”(HR. Bukhori & Muslim)
Para Dokter dan ilmuwan mengakui kemanjuran dari habbatusauda setelah dilakukan penelitian empiris maupun klinis. Diantaranya :
1.) Prof Dr.Hildebert Wanger (German), habbatussauda terbukti menyembuhkan pasien alergi, neorademistis, asma, dan lemahnya daya tahan tubuh.
2.) Prof. Lutz Bannasch(German), habbatussauda memiliki khasiat anti tumor dan tanpa efek samping.
3.) Dr. Stanley Kopok(USA), habbatussauda dapat mencegah tumor dan memperkuat kekebalan tubuh.
4.) Dr. Tajul Aris Yang (Malaysia), Omega yg terkandung dalam habbtussauda lebih besar 10 kali lipat daripada DHA dan EPA.

Habbatusauda Memilik banyak kelebihan dibandingkan herbal lain :
*. Bersifat Medical, yaitu mengeluarkan penyakit.
*. Memberikan relaksasi / istirahat pada tubuh.
*. Bersifat Prepare, yaitu mempersiapkan perbaikan sel dalam tubuh.
*. Bersifat refunction, yaitu mengembalikan tubuh kita lebih muda / awet muda. Artinya sbg oksidan yg bertindak antiagening, bahwa dg mjd tua seseorang akan menjadi tua seseorang akan lebih mudah terkena penyakit dan habbatussauda  yang mengandung anti oksidan dapat melawan radikal bebas yang menerpa tubuh manusia sehingga dapat memperlambat proses penuaan.