Manggis buah Favorit , yang kaya manfaat untuk kesehatan

manggis cartoon

(images : colourbox.com)

Suasana badan masih belum fit sampai minggu ini,hal ini adalah rekor dalam hidup sakit yang sudah dibawa ke dokter  belum sembuh-sembuh juga. Biasanya saya sangat suka camilan-camilan instan dan juga minuman instan seperti teh botol dengan berbagai merk. Sejak sakit ini gak tau kenapa makanan instan begitu pahit di mulut -_-” (padahal ingin sekali makan camilan dan minuman-minuman yang manis).

Akhirnya untuk camilan, saya beli buah-buahan . Lumayan selain manis, sehat dan tentunya aman dari pengawet. Gak tau ini lagi musim atau gimana yang pasti kemarin pas di penjual buah nemu buah Manggis langsung aja pilih buah itu untuk dibeli. Secara saya suka banget sama manggis. Kalau di desa saya dekat dengan daerah penghasil manggis, manggis nya besar-besar dan segar (mungkin karena belum lama memetiknya).

Awalnya tidak begitu tau dan tidak begitu perduli dengan khasiat atau apalah yang ada di buah manggis. Yang ada hanya saya suka buah itu karena manis😀 . dulu waktu kecil saya suka memanjat pohon manggis ini, sambil memetik buahnya dan memakannya di pohon :)) hahahaha. Setelah saya liat-liat artikel dan membacanya ternyata banyak khasiat dari buah dan kulit manggisnya.Nih khasiat2 yg aku peroleh dari membaca suaramerdeka.com

Buah manggis mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yaitu kandungan senyawa xanthone nya. Senyawa Xanthone ini bersifat sebagai anti kanker, anti peradangan, anti bakteri, anti fungsi, anti diabetes, dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu ada manfaat lain dari manggis ini :

  1.  Bisa menghambat penuaan dini . Ada penelitian lain , yang menyembutkan bahwa antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa membantu menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini mampu memperbaiki jaringan sel tubuh sehingga bisa membantu anda untuk awet muda.
  2. Anti kanker . Selain sebagai antioksidan yang membantu menghambat penuaan dini , khasiat xanthone juga sebagai anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, dan ekstrak kulit manggis juga memiliki sifat apoptosis penghancur sel kanker.
  3. Menyehatkan mata, kulit dan rambut . Berdasarkan hasil penelitian oleh pakar nutrisi dari Amerika, buah manggis memiliki kandungan yang dapat membuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat.
  4. Meningkatkan stamina tubuh. Manggis juga memiliki peranan penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu dalam menjaga stamina tubuh.

Kalau buahnya mungkin bisa langsung di konsumsi, tapi bagaimana kita mengolah “kulit manggis” nya (?) :
Caranya mudah  :

  1. cuci bersih kulit manggis, kemudian potong kulit 2 butir buah manggis.
  2. Selanjutnya potongan tersebut rebus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas.
  3. Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2-3 kali sehari.

Mudah bukan (?)

Tetapi masalahnya kalau kita bikin sendiri, terkadang kita tidak tau kadar yang tepat ekstrak kulit manggis tersebut. Kita juga harus berhati-hati karena kulit buah manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainya yang tidak dapat di cerna oleh tubuh pada kadar yang tinggi. Ada kasus akibat mengkonsumsi kulit manggis tanpa perlakuan yang baik/tepat adalah seperti gangguan ginjal , usus serta pada organ lainya.

Kalau saya pribadi baru mencoba teh kulit manggis kawan😀 . Karena saya sakit dan juga sariawan. Alhamdulillah baru minum sekali keesokan harinya sariawan saya langsung lenyap (gak tau karena kebetulan atau memang khasiat teh kulit manggisnya) hehehehe.

Sebagai maniak teh, menurutku teh kulit manggis ini enak lo rasanya, cuma klo tidak pake gula rasanya sedikit “sepet” orang jawa bilang😀

Aku gak tau beli ini dimana kalau secara langsung, tapi toko online pernikmuslim.com ini juga jual teh dan juga ekstrak kulit manggis lo! Klo mau beli kesono langsung aj ye😀 hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s