Cek Fisik Kendaraan di Luar Kota ( Cek Fisik Bantuan )

Bulan mei adalah saatnya saya wajib untuk pulang kampung untuk membayar pajak motor dan tidak lupa setiap 5th sekali untuk perpanjang STNK.😀

Untuk bayar pajak mungkin gampang ya cuma langsung pulang bawa STNK , BPKB sama KTP aja untuk bayarnya😀.
Yang agak ribet adalah saat masa perpanjangan STNK ataupun pas Balik Nama kendaraan Bermotor karena kita harus cek fisik terlebih dahulu kendaraan bermotornya .
UNtuk yang diluar kota beberapa orang malas membawa serta kendaraannya bermotornya ( mobil ato sepeda motor ) ke kampung halaman. Mereka lebih memilih untuk Cek Fisik Bantuan dimana mereka berada. Contohnya saya sendiri hehehe.. Saya ada di Surabaya ( L ) dan kendaraan saya ber plat nomor AE .

Saya lebih memilih untuk cek fisik bantuan karena saya malas jika harus bawa motor pulkam😀. Bulan ini karena saya harus Balik Nama Motor saya , maka saya wajib untuk cek fisik si Simon alias motor saya😀 . Kemarin sempat tanya2 ketemen2 tapi jawaban dari mereka beda-beda, akhirnya saya pergilah ke SAMSAT untuk mencari info biar lebih meyakinkan hehehe.
Dan ternyata eh ternyata syarat untuk Cek Fisik Bantuan itu gampang lo! .

Ini nih Syaratnya :
1.  BPKB
2.  STNK
3.  Motor yg bersangkutan
4.  KTP

Dan caranya juga gampang sekali , jika di Surabaya ini :
– Dateng ke loket cek fisik nyerahin persyaratannya trus di cek sama petugasnya (lalu kemudian kita disuruh ke loket 1 untuk ambil form)
– Ke loket 1 untuk ambil form (jangan lupa di isi) Ini bayar Rp. 20.000,- saja 😀
– Trus minta bantuan ke Petugas Khusus Untuk Gesek No. Mesinnya (ini Free, tp klo mau kasih ke bapaknya jg gpp kali krn udah bantuin kita😀 )
– Setelah form dan Mesin sudah di gesek kemudian masukkan lagi berkas2 tersebut ke loket cek fisik.
– Setelah di cek2 berkas form nya, ntar akan banyak stempel macem2 disitu😀
– Selesai.

Gampang bukan ngurus cek fisik bantuan sendiri ^^ , kalau pake calo biasanya akan ngeluarin ongkos lebih lo! . So.. klo kalian ada waktu dan gak sibuk gak ada salahnya dicoba sendiri kawan😉

46 thoughts on “Cek Fisik Kendaraan di Luar Kota ( Cek Fisik Bantuan )

  1. Mas, kalo kepemilikan motornya bukan atas nama kita gimana? Perlu surat kuasa gak dari pemiik motornya? Soalnya motor saya atas nama mertua… Motor Plat Salatiga posisi di Bukittinggi

    • klo mau cek fisik bantuan, gak perlu pake surat kuasa.
      Jadi mas nya cukup datang aja bawa kelengkapan sperti yg saya tulis di atas🙂
      *btw saya permpuan mas … jangan panggil mas donk! -_-“

      • @zul Ihsan :
        Bisa dibawa KTP pemilik aslinya *buat jaga2*
        , dan jangan lupa KTP mas nya jg dibawa . Karena pas saya cek fisik bantuan waktu itu cuma pake KTP saya sendiri, bukan pemilik kendaraannya.

        Hehehehe… terima kasih2 sudah tidak memanggil saya mas lagi😛

  2. mbak mau tanya bpkbnya harus asli atau bisa fotocopy ya? motor saya di surabaya platnya E mau cek fisik kendaraan. terima kasih

  3. Kalau ganti plat dua bulan sebelum jatuh tempo bisa dilayani gak yah? sy jg berencana menggunakan cek fisik bantuan samsat surabaya, alamat samsat-nya di mana ya?

    • insyaAllah bisa. tergantung anda di daerah mana , klo wilayah surabaya timur ada di depan gramedia manyar kertoajo (klo gak salah) trus untuk surabaya selatan daerah ketintang

  4. Barusan ngurus cek fisik di samsat ketingtang surabaya untuk perpanjangan platnomor jawa tengah, cepat prosesnya.
    Dari paling pojok (tempat cek fisik kendaraan),
    lalu ke loket formulir untuk minta formulir dan stiker gesek,
    lalu ke paling pojok lagi (yang pertama) untuk gesek no mesin dan rangka serta formulir tadi di isi petugas dan di cap2 banyak sekali,
    lalu ke loket cek fisik,
    selesai,
    tinggal ngurus ke jawa tengahnya
    Kok saya ga di kenai biaya apa2 ya, di loket formulir langsung dikasih formulirnya tanpa di minta biaya administrasi, saya cuman kasi petugas geseknya setelah selesai sebagai tanda terima kasih,
    overall cukup mudah dan cepat kalau tidak ngantri
    Terima Kasih informasinya

    • Owh samsat ketintang? pelayanannya cepat dan tertib
      saya juga dulu perpanjang plat 5 tahun disana krn plat L, tapi kalau cek fisik bantuan disana digratiskan , ini mungkin satu satunya diIndonesia, sangat jauh berbeda ketika saya akan minta cek bantuan di situbondo , petugas minta uang 110ribu, ga wajar nih, saya batalkan saja. toh situbondo ke surabaya dekat.

      menurut saya petugas cek fisik sudah ada gajinya, kemungkinan yang di samsat surabaya mereka dihargai dengan lebih baik oleh pemerintah, sehingga sudah tidak memerlukan uang sogokan untuk melakukan pekerjaan yang memang sudah tugasnya

      • Iya bener, saya juga pernah mau kasih uang untuk ucapan terima kasih. Tapi petugasnya gak mau,
        #salut saya sama mereka2 .
        *Hanya bisa berdoa smoga mereka selalu dilimpahi berkah.🙂

  5. numpang tanya gan ..
    check fisik bantuan ini bisa di samsat mana aja ato harus samsat yg di surabaya sih ?
    thanks

  6. Mas tanya donk
    Saya kan mw urus stnk hilang d kediri
    Tetapi kendaraannya d malang
    Klo cek fisik cuma bawa
    1.pembayaran pajak
    2. bpkb
    3.ktp
    kira2 cukup mas
    Perayaratan yg saya ajukan untuk mewakili cek fisik d luar kota
    Sebagai keperluan untuk pembuatan stnk yang hilang

  7. numpang tanya donk mas..klo misalnya motor sy plat B atas nama adik sy (tinngal di jakarta) sy bawa k luar kota (MEDAN)sy rencana tinggal di medan dan bermaksud bawa motor sy yg atas nama adik sy klo sy mau perpanjang pajak dan plat nomernya gmn yach mas..?? mohon infonya ..terimakasih sblmnya

    • @emma : Bisa saja, dengan cara kamu minta cek fisik bantuan di kota kamu tinggal sekarang. Dan biasanya saat cek fisik bantuan, kamu diminta untuk bawa STNK, BPKB , dan juga KTP atas nama pemilik sepeda motor yg sesuai dg yg tertera di STNK🙂

  8. Mbk kmren saya datang k samsat untk cek fsik,saya ad d cikarang bekasi,tp diloket cek fisik orangny blg sruh pke surat kuasa,,it gmn ya mbk,,q kok ribet

    • Halo mbak Nungki ,
      Mungkin ketentuannya sekarang berbeda mbak.

      Karena waktu itu saya cuma bawa KTP pemilik kendaraan + KTP saya sendiri + BPKB + STNK sudah cukup.

      Lalu diserahkan ke bagian Cek Fisik sudah deh lanjut proses selanjutnya.

  9. mau tanya ni mbak… saya baru beli motor bekas di pekan baru (riau) plat BM karena untuk keperluan pergi pulang ke tempat kerja tetapi KTP saya tangerang. saya mau balik nama motor tersebut di pekan baru (biar gampang urus pajaknya) bisa ga ya mbak kalau KTP saya KTP tangerang? mohon bantuannya ya mbak eliyana. makasih..

    • Setahu saya kalau balik nama itu sesuai dengan kantor samsat sesuai dengan pemilik KTP Pak.

      Jadi kalau Pak Davin di Tangerang ya balik namanya di Tangerang dan Plat nya berubah jadi Plat Tangerang.

      (Kecuali Pak Davin pindah alamat KTP hehehe😀 )

  10. Mbak….kalau cek fisik bantuan sedang motor belum lunas jd bpkb tidak ada.syaratnya apa saja ya???

Leave a Reply

