Jenis – Jenis Teh

pouch n cup tea

Cup of Green Tea
(pict : 123rf.com)

Gak tau sejak kapan tepatnya, saya jadi maniak dengan Teh. Sekarang minum teh tanpa gula pun mulai doyan, padahal dulu teh kalau tanpa gula gak akan pernah tersentuh ^_^

Bukan hanya teh biasa yang saya suka, saya juga suka banget yang namanya teh instan (botol) . Dari berbagai merk suka saya cobain. Sempat saya stok banyak teh merk Mirai Ocha hahaha. Kulkas hampir penuh dengan teh itu.

Meskipun saya suka teh, saya tidak tahu jenis-jenis teh itu apa aj😀 . Sampai akhirnya karena kemarin sempat baca artikel di www.pernikmuslim.com tentang “Menangkal Bau Mulut dg Herbal Alami” disitu dijelaskan bahwa Teh Hitam dan Teh Hijau dapat membantu mengurangi bau mulut. Karena hal tersebut lah saya jadi penasaran apa itu teh hitam , jadi ingin tahu jenis-jenis teh😀

Berikut Jenis Teh yang saya dapat dari browsing-browsing tadi (ntar klo ada tambahan akan saya update lagi).😀
1. Teh Hijau
Teh ini tentunya tidak asing lagi. Teh hijau banyak dijual dengan iklan yang mencolok untuk menurunkan berat badan😀 hehehe.
Teh hijau adalah jenis teh yang tidak mengalami proses fermentasi akan tetapi mengalami proses pengeringan dan penguapan daun yang sedikit lebih lama dibandingkan teh putih.
Teh hijau dikenal karena memiliki kandungan antioksidan yang dapat menyerap racun dalam tubuh, membantu menjaga kolesterol dalam tubuh, baik untuk tulang dan gigi, dan bagus untuk diet.

2. Teh Hitam
Teh hitam adalah teh yang sering kita temui dan tentunya sering kita konsumsi (Teh Poci, Teh Gopek, Teh cap Botol, dll). Teh ini merupakan teh yang telah difermentasi, sehingga memiliki kandungan sekitar 20% kafein dalam satu cangkir kopinya. Teh hitam memiliki khasiat untuk membantu menjaga kolesterol supaya normal dan juga bisa mempertahankan fungsi jantung dan sistem peredaran darah.

3. Teh Herbal
Teh herbal adalah teh yang bukan terbuat dari daun teh. Jadi teh ini berasal dari tumbuhan lainya misalnya bunga Camellia , bunga Rosella, Kulit Manggis,dan Daun sirsak. Teh ini dikatakan bebas dari kafein dan kaya akan vitamin C. Teh Herbal seperti ini dipercaya dapat menyembuhkan panas dalam, radang tenggorokan , sariawan dan juga sembelit.

4. Teh Putih
Nah ini yang baru saya tahu, bahwa ada teh putih juga😀.
Teh putih adalah teh yang paling murni dan paling banyak di proses.Teh ini juga tidak mengalami proses fermentasi. Proses pengeringan dan penguapannya pun dilakukan secara singkat. Teh putih berasal dari daun teh yang dipetik sebelum benar-benar mekar.
Kandungan kafein di dalam teh putih ini yang paling rendah. Rasa teh ini lebih ringan (mungkin maksudnya rasanya tidak begitu kuat tehnya) dan warna nya terang. Teh Putih ini baik untuk antioksidan dan juga baik untuk kesehatan kulit.

5. Teh Oolong (Teh semi fermentasi)
Ini malah bener-bener baru tahu dan juga baru denger😀
Teh ini dikenal sebagi teh semi fermentasi. Oolong sendiri adalah diambil dari nama pria Cina yaitu “Wu Long” atau “Oolong”.
Teh ini memiliki khasiat yang dapat membantu kinerja pencernaan, mengobati sakit kepala dan berdasarkan penelitian modern teh Oolong ini efektif untuk mengontrol kadar kolesterol dan dapat menurunkan kadar gula.

Sumber info teh saya dapat dari dreamersradio.com/article/7172/yuk-kenali-jenis-jenis-teh dan dari sosro.com

Leave a Reply

