Jalan-jalan di Tanjung Perak (Kapal Surabaya – Madura)

Image

Setelah saya ingat-ingat ini bukanlah kali pertama saya ke Tanjung Perak atau Perak (orang Surabaya menyebutnya). Dulu beberapa tahun lalu saya pernah kesana sama teman saya , mengantarkan dia ke kapal untuk berangkat ke kampung halamannya di Makassar. Jika dulu saya sempat masuk ke kapal yang besar (kapal antar pulau) hari ini saya tidak bisa , karena memang saya kesana hanya untuk refreshing dan melihat-lihat suasana disana. Kenapa kesana lagi (?) Sejujurnya saya gak ingat klo dulu pernah kesana, makanya kemarin merayu-rayu teman saya untuk mau aku ajak kesana karena saya ngerasa belum pernah kesana hahahaha =))

Hari ini berangkat dari tempat rumah (alias kost an) sekitar pukul 08.10 WIB, perjalan kesana sebenarnya tidak terlalu jauh mungkin sekitar 45 menit. Tapi karena hari ini “Minggu” ,macet yang sangat terjadi di daerah Tugu Pahlawan. Di daerah Tugu Pahlawan kalau tidak salah memang ada banyak orang yang jualan-jualan di sekelilingnya atau mungkin biasanya orang menyebutnya “Pasar Tumpah” karena memang orang yang jualan meluber di sepanjang jalan membuat jalanan penuh dengan penjual, pembeli, pejalan kaki dan juga pengendara motor. Ok! cukup untuk cerita Pasar di Tugu Pahlawan ya.. mungkin lain waktu saya akan menceritakan lebih detailnya😀

Setelah mendapatkan macet yang lumayan panjang, ternyata saya harus menunggu teman yang menjadi penunjuk jalanya lebih lama lagi. *hedeh* . Taraaaaa…. akhirnya setelah menunggu hampir 30 menit akhirnya dia nongol juga… *lega* . Akhirnya kita melanjutkan perjalanan menuju Perak. Kita hari ini memarkir motor di pasar Perak yang di dekat dermaga (di depan toko ibu teman saya).

Yang baru saya tahu, ternyata kapal-kapal antar Propinsi yang singgah di Tanjung Perak ini tidak setiap hari ada. Jadi dalam seminggu hanya akan ada beberapa kapal yang datang. Berbeda dengan kapal antar pulau (Surabaya – Madura), yang memang setiap hari pasti ada. *saya baru tau*

ImageAwalnya ingin masuk di dermaga untuk kapal besar yang luar pulau, tapi kami mengurungkan niat. Dan akhirnya kita pilih ke dermaga kapal untuk antar pulau saja. Kapal antar pulau yang ada di Tanjung Perak ini hanya tujuan Surabaya – Madura. Kapalnya lebih kecil daripada kapal antar Propinsi. Tapi meskipun kecil kapal ini memuat banyak muatan, selain sepeda motor, mobil, ada juga bus. Ternyata dengan adanya Jembatan SURAMADU tidak membuat kapal-kapal yang menuju Madura ini sepi. Kepadatan penumpang saya lihat, juga tetap banyak dan antrian kendaraan bermotor juga masih panjang.

Jarak Surabaya – Madura jika melalui Suramadu sekitar 15 menit, tapi kalau melalui kapal “katanya” (karena saya memang belum pernah naik kapal ini) sekitar 30 menit. Lumayan dekat ya, kalau hanya untuk  merasakan gimana rasanya naik kapal bisa mencoba kapal antar pulau yang satu ini. (Jadi cuma menyeberang ke dermaga yang ada di Madura nanti ikut balik lagi ke Perak hehehe) ^.^

Sejauh mata memandang tidak tampak air laut yang berwarna biru atau hijau yang biasanya kita lihat di laut-laut pada umumnya. Air di dermaga cenderung coklat. Dan yang di sayangkan adalah masih tetep kebiasan orang-orang Indonesia itu tu,,,, buang sampah sembarang😦 . Ternyata gak hanya di terminal bus, di kapal pun para penumpang membuang sampah sembarangan di laut *sedihnya* . Semoga ,semakin hari orang-orang tersebut sadar bahwa hal tersebut tidak baik.

Aaah… setelah sekitar satu jam di daerah Perak, kita akhirnya pulang , selain karena sudah siang hari juga sudah panas😀. Mungkin lain kali kalau ada waktu lebih akan kesana lebih pagi dan akan mencoba naik kapal menuju pulau Madura, (Yang terlihat dekat banget kalau kita lihat dari Pelabuhan).

C U again Tanjung Perak ….

2 thoughts on “Jalan-jalan di Tanjung Perak (Kapal Surabaya – Madura)

Leave a Reply

