Menghapus Image / Foto di Facebook

Ternyata… menghapus image/foto  di facebook itu tak semudah yang dibayangkan.

Ya, Klo hapus sekedar hapus sih gampang tinggal delete aja OK semua foto akan terhapus dari koleksi foto kita di Facebook. Tapi setelah aku baca sebuah artikel bahwa ‘image yang ada di jejaringan sosial itu tidak benar-benar terhapus’ itu ternyata benar. Aku sudah mencobanya di Facebook, aku hapus image yang di Facebook dan aku lihat di  alamat website yang menampilkan gambar tersebut. Ups… ternyata itu benar, fotoku masih nongol disana … Padahal di koleksi imageku foto tersebut sudah gak ada.

Gak tau akan berapa lama tuh foto nampang disitu, ya di tunggu aja,,, aku akan cek lagi setelah 1 bulan T_T . BTW ada yang tahu gimana mengahapus foto supaya bisa permanent gak??? klo bisa sharing ya🙂

Oya ini ada kutipan artikelnya :

Apakah Situs Jejaring Sosial Aman?
Situs jejaring sosial atau sosial networking kian ramai.
 Mulai dari Friendster dan Myspace yang lebih dahulu populer. 
Kini perhatian dunia tersedot oleh Facebook, 
sebuah situs pertemanan karya Mark Zuckerberg saat Kuliah 
Di Harvard University ini melibas kepopuleran friendster. 
Situs yang memiliki member lebih dari 200 juta orang dan terus 
bertambah ini digandrungi mulai dari anak sekolah sampai 
politisi kelas wahid di seluruh dunia. 
Bahkan Presiden amerka serikat barrack Obama menggunakan 
facebook untuk menggalang dana kampanye. 

Tapi apakah situs jejaring sosial 100% aman?bagi anda yang 
punya akun di situs pertemanan dunia maya pasti senang 
meng-upload foto -foto pribadi anda. Kadang jika anda bosan,
anda tinggal menghapus foto tersebut.tapi apakah foto anda 
benar -benar hilang? ternyata tidak. 
Menurut penelitian dari Cambridge University,
banyak image yang telah dihapus dan dianggap tidak bisa muncul lagi, 
ternyata dapat mudah dilihat kembali, walaupun sudah dihapus.
Langkah yang dibutuhkan adalah dengan mengakses ke link 
langsung yang mengarah ke image tersebut. Penelitian tersebut 
menguji sebanyak 16 website jejaring sosial dengan meng-upload 
gambar di dalamnya, kemudian mencatat alamat website yang 
menampilkan gambar tersebut, dan lalu menghapus gambar tersebut.

Setelah berjalan satu bulan, semua situ jejaring sosial tersebut 
dicek kembali untuk melihat jejak dari image yang telah dihapus. 
Ternyata para peneliti menemukan bahwa 7 website jejaring sosial 
masih membawa gambar yang telah dihapus secara tidak langsung,
dan dapat diakses hanya dengan link yang telah dicatat sebelumnya.

Facebook, website jejaring sosial terbesar di dunia, 
menjadi salah satu list dalam 7 website tersebut. 
Ketika query database ini menjadi masalah, pihak Facebook 
kemudian mengklarifikasi bahwa penghapusan foto atau gambar 
setiap account Facebook adalah langsung dari server-nya. 
Namun, foto yang telah dihapus masih tetap di Content Delivery Networks, 
sebuah media yang selalu dibawa oleh website jejaring sosial. 
Menurut para peneliti, disinilah letak privasi user dipertaruhkan.

Jejaring sosial selain Facebook yang masuk kedalam list 7 website 
adalah LiveJournal, Xanga dan SkyRok. Sedangkan hasil penelitian 
mengatakan hal yang berbeda untuk Picasa, Flickr dan Windows Live Spaces 
dalam penghapusan jejak secara lengkap yang telah dihapus oleh penggunanya.

Jadi demi menjaga privasi anda, sebaiknya berhati -hatilah saat 
ingin mengupload foto anda ke situs pertemanan seperti facebook dal lain -lain.

sumber :tekmologinet 

courtesy of kamusilmiah.com

4 thoughts on “Menghapus Image / Foto di Facebook

  1. yupz..bener bgt tu..
    aku juga wktu pernah denger, ad hacker yg masuk n ngacak2 account fbook milik seseorang…

    ya..poko’a berhati-hati lah..pergunkaan seperlunya saja..^^

  2. wah ternyata ada bahayanya jg yah….kalo gitu hati2 lbh penting..jgn sampek kita masukin foto yg sangat pribadi bg kita..hehe kunjung balik yah…

  3. trus bagaimana ya menghapus fotonya, abisnya gak kita upload, tiba-tiba muncul aja foto-foto dari teman kita yang mengupload fotonya di koleksi foto kita, please dong tell me how?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s