Potongan (Charge) Menabung di BRI vs BCA

Beberapa bulan yang lalu saya memilih menabung di BRI karena gak ada charge administrasi yang macam-macm. Paling cuma administrasi bulanan biasa. Ternyata sejak Maret 2012 ini banyak ketentuan yang berubah, dari kena charge saat transfer langsung- ATM – maupun MBanking, kena charge saat menabung dengan rekening kita yang beda daerah.

Gak tau kenapa ya, saat BRI melakukan hal ini rasanya ada perasaan gak nyaman, padahal saat  saya buka rekening di BCA meskipun ada potongan sedikit lebih besar dari BRI , i’m fine :D
Mungkin karena sejak awal BCA sudah memberlakukan ini sejak lama. Dan selain itu BCA tidak membuat charge administrasi dimana-mana hehehe . BCA hanya memotong biaya administrasi bulanan sebesar Rp. 10.000 dan Rp. 5000 untuk setoran melalui teller.

Berikut Charge dari BCA (pengamatan saya dr menabung di BCA) :
– Potongan Administrasi tiap bulan  Rp.10.000 (kurang lebih segitulah :D)
– Setor tunai melalui teller di daerah yang berbeda dari buku rekening BCA kena charge Rp. 5000,-
– Setor tunai melalui mesin BCA = FREE!
– Transfer Via ATM, E-Banking, M-Banking = FREE! biaya administrasi  (M-Bangking hanya kena charge SMS Rp.1000)

Note :
Duit yg ada di rekening BCA bisa diambil sampai tersisa Rp. 0,- lo ^^ .
Tapi memang sebenarnya sama BCA sudah di potong Rp.10.000 . Kalau kalian amati di ATM memang saldo kosong, tapi sebenarnya kalau kalian liat di buku tabungan ato bisa via e-banking masih Rp. 10.000

Berikut Charge dari BRI – SIMPEDES (pengamatan saya dr menabung di BRI) :
– Potongan Administrasi tiap bulan  Rp.5.000 (kurang lebih segitulah :D)
– Setor tunai melalui teller di daerah yang berbeda dari buku rekening BRI kena charge Rp. 3000,- (syarat bawa buku tabungan)
– Setor TUnai melalui teller, ke rekening lain luar kota kena charge Rp. 5000
– Setor tunai melalui mesin BRI = BELUM ADA FASILITAS!
– Transfer Via ATM kena charge Rp 500,-
– Transfer Via M-Bangking kena charge Rp. 250,- + biaya SMS Rp.1000 (dipotong pulsa reguler)
– Transfer Via E-Bangking = TIDAK ADA FASILITAS untuk SIMPEDES (yg ada E- Bangking saat ini hanya BRITAMA)
Note : [ BRI BRITAMA ]
> Administrasi untuk BRI – BRITAMA = Rp. 10.000
> Transfer Via E-Bangking Free administrasi (kena charge SMS saat minta no.token Rp. 900)

Note :
Untuk BRI tidak bisa mengambil keseluruhan duit yang ada di rekening. Kita harus menyisakan Rp.50.000

*Ada masukan dari teman2 lainya?  mungkin saja kan peraturan di BRI tempat2 kalian berbeda.
Karena saat ini BRI sepertinya sedang membuat peraturan2 baru yang setiap saat bisa berubah  :D . Beberapa bulan lalu saya tanya tentang hal yang sama di BRI dengan CS yang berbeda hasilnya  beda  lo! gak tau berbedanya karena CS nya yang beda atau peraturan yang beda :)

Update :
Sekarang biaya admin di BCA : Rp. 12.500 (gak tau mulai kapan, cuma sadarnya kemarin awal tahun =D )

About these ads

164 thoughts on “Potongan (Charge) Menabung di BRI vs BCA

      • sy bkrja di m’sia & punya rek dsni gak ada potongan mcm” cuma 1 aja penarikan atm melalui bank berlainan / t’sfer antar bank lain via internet banking itu pun cm MYR1.00=RP3.500, utk rate skrg ,kalo ga buat transaksi sampe kpn pun ga akan di potong,yg membuat ga nyaman justru bank di tanah air,yg potongan nya 10.000-15.000/bln bayangin aja sy & istri msg” punya 2 + anak 1 rekening smua ada 5 rekening yg tiap blnnya akn diptg 50-55.000/bln jk /thn600-660ribu,mau nabung justru rugi,smoga bs jd perbandingan dgn yg di luarnegri internet banking kyknya alternative yg bagus utk skrg tp ga tau service system perbankan kita dah update pa belom,dari segi potongan & pelayananya.

    • mau tanyta nih?
      saya nasabah Tahapan BCA…
      itu perbulan potongan 12.000 saya gk ngerti…
      apakah klw selama 1 bulan saya gk nabung/setor kepotong 12rb gtuh yah..?
      maklum nih saya nasabah baru :) hehehe

    • @ Yani : mbak pake BRITAMA ya? (soalnya klo simpedes cm Rp.5000 per bulan). Pajak yg dimaksud apa mbak? brp besarnya?
      Spertinya BRI membuat sistem baru ini, setelah mereka membuat BRI online mbak :D

  1. Sya berencana menabung BRI tpi bgung yg ada E-Bankingx yg mna sih Britama/Simpedes…?
    Trus storan awalnya berapa?
    Trus klo lwat Cabang Pembantu bsa aktifasi E-Banking gak?

    • klo mau buka E-Bangking , pake yang Britama soalnya simpedes gak bisa. fasilitas simpedes hanya M-Bangking aja.

      Untuk Simpedes awal tahun kemarin Rp. 100.000,-
      klo BRITAMA Rp. 150.000,-
      (gak tau klo sekarang sudah ganti apa blm peraturnyanya :D )

      Klo teman saya dulu sih aktifinya gak bs d cab.pembatu.=)

      • Baru aja buka rekening BRI BRITAMA…setoran awal minimal Rp 200.000,-
        Bisa aktivasi m-banking dan e-banking…biaya administrasi per bulan Rp 10.000,-
        Aku lewat cabang pembantu bisa tuh. Setauku, kalo di cabang pembantu ada kepala cabangnya, tetep bisa aktivasi e-banking.

    • hahaha iya adanya cuma m-banking doank tp lumayanalh biaya admin cm 5rb/bulan. iya BCA emang potongannya lebih besar sih , skrg aj 12rb/bulan. Tapi emang sebanding juga dengan fasilitas dan juga layananan lainya :)

  2. ooh saya baru tahu kalau BCA itu biaya administrasinya 12.000. buka rekaning (500.000)

    BRItama masih biaya administrasinya 9000. untuk buka rekening BRI (250.000)

  3. Saya juga mempunyai rekening BRI, per bulan hanya dikenakan biaya administrasi Rp 10.000, klo untuk internet banking gratis, mau tanya, klo ngambil uang di atm bank lain yang ada logo atm bersama ato mastercard atau lainnya kena potongan nggak?

    • harusnya sih kena potongan jg, soalnya transfer ke sesama aj kena charge jg klo BRI. heheheh. Tapi gak tau juga sih blm pernah coba di atm bersama :)

      Mungkin ada temen lain yang pernah coba?

      • transfer ke sesama kena charge? itu sejak kapan berlakunya? dua bulan yang lalu saya transfer ke sesama belum kena charge, dulu pernah cuma ngecek saldo di atm mandiri kena charge 10.000, dan dulu pernah ngambil uang di atm BTN tapi g kena charge

  4. Oh ya, saya juga sangat nggak nyaman nabung di BRI, sejak ada ketentuan baru ini, padahal ini Bank milik negara lho beda ama BCA milik swasta, Sebenarnya ketentuan bank mnarik biaya dari nasabah ini apa seizin BI atau ndak sih ? masalah ini kan diambil BRI sepihak lho tanpa persetujuan nasabah ini bisa dituntut secara perdata bos ? gimana menurutnya bos ?

  5. Numpang tanya mas & mba…
    kalo mau buka rekening BRI (konvensionl) berarti harus milih antara britama / simpedes ya..?
    trus kalo buka rkening bri sklian krtu atm ntar krtu atm,nya jadinya kapan..?

    Mohon bantuanya :)

  6. pake BRI Syariah ga kena potongan apapun.
    mau tarik tunai/cek saldo di atm mana saja gratis.
    cuman kelemahannya belum ada fasilitan intrnet banking aja.
    kalo M-Banking kya sms gitu ada

  7. saya baru buat rekening baru BRI, trus minta layanan E-banking, sms Banking dan Phone Banking. Kira2 dengan 3 layanan itu rekening saya dapet potongan tambahan nggak meskipun saya nggak pernah pake layanan itu? atau potongan itu baru terjadi kalo saya menggunakan salah satu dari layanan itu? mohon pencerahannya.. :D

  8. kalau dari BRI britama pindah ke BRI syariah gima cranya?
    trus kalau BRI syariah transfer ke lain bank kena charge g?n ambil tunai ke ATM mna pun di potong g?

  9. Kak kalo lokasi saya di Jaksel mau transfer ke rek BCA di Jakut lewat bank terdekat.tetapi saya gapunya rek BCA.jd hanya mau transfer, itu kena biaya tambahan lg ga sih?
    Katanya ada yg bilang kena charge Rp.5000, ada yg blg juga ngga kena. Yg bener yg mana?haha
    Mohon bimbinganya:)

    • syaratnya sih yang pasti klo kamu tinggal di wilayah sesuai alamat KTP km tinggal bawa KTP dan uang untuk buka rekening awal aja.
      klo km diluar kota biasanya dimintai surat dari RT/RW dimana km tinggal saat ini. :)

  10. BRI sekarang banyak banget biaya2 tetek bengeknya,,, tarik di teller kena biaya,,, transfer antar bri pake biaya,,, transfer via atm sesama bri kena biaya….. waduhhh bank besar kok membebankan banyak banget biaya ke nasabahnya… capek dechhh

  11. Aq pengen buka rek bri. Cuman bingung maw buka syariah. Britama ato simpedes.
    Rencanax pengen nabung aja. Ngga maw narik2 sampai dana yg kubutuhkan cukup.
    Gimana baikx yah. Tolong solusix. Makasi

    • Klo syariah katanya mmg gak ada bunganya ^^

      Klo emang gak butuh fasilitas e-banking sepertinya SIMPEDES bisa menjadi salah 1 alternatifnya,karena potongannya kecil :)

  12. saya mau tanya, nabung di bank apa yang biaya charge nya ga besar ya kira2 dibawa 10000 lah. saya buat nabung buat masa depan nanti. kalo potongan nya tinggi buat apa saya nabung sama saja tabungan saya buat masa depan bank tersebut. apakah ocbc nisp, cimb niaga, mandiri, muamalat, bni atau apa ?
    dan apakah iya kalo atm yang dibuatkan perusahaan/atas nama perusahaan, buat gaji karyawan potongan nya lebih kecil+bisa tarik saldo ampe abis/full gaji ???

    thanks…

    • klo yg potongannya kecil SIMPEDES BRI . tapi katanya bank yg ada embel2 syariah nya “katanya” malah gak ada potongannya *tp saya gak tau jg sih*.

      Untuk atm yg dibuatkan perusahaan mungkin ada teman lain yg bs bantu (?)

      Btw BCA bisa di abisin isi saldo d ATM nya lo! :D

  13. Brp minimal saldo kita di BRI klo mau daftar SMS banking, M-banking n e-banking? Kmrn saya buka rekening BRI kata kpala cabang/unit klo mau daftar m banking harus punya saldo minimal 1juta.blm fasilitas yg lain. Apakah sama ktentuannya di cabang/unit BRI daerah lain? Klo ϑî BCA untuk sms banking (klo cuma cek saldo dr hp) ga Άϑά syarat minimal saldo kyaknya.gatau klo transfer sms banking brp minimal sisa saldo.

    • @bokekwati : gak ada minimalnya kok waktu saya buat sms banking/m-banking. klo e-banking kamu buka rekeningnya yg Britama krn Simpedes tak ada fasilitas e-bankingnya.

      Untuk transfer d BCA gak ada minimalnya kok, yang penting ada isi nya aj rekeningnya ^^

  14. maaf ye sblomx pertanyaan saya mlencek dr topik diatas
    BANK MANDIRI brpa setoran awal buka rekening baru?
    potongan perbulanx brapa ? (Y)

    • klo dulu sih buka rekening awal : Rp. 250rb
      biaya admin per bulan : Rp.9000,-
      plus katanya temen saya tiap bulan ada potongan Rp.1000,- (gak tau biaya apa ini) . Jadi klo di total potongannya Rp.10.000 (itu klo belum ada perubahan) ^^

      Trus sisa saldo d Mandiri katanya 100.000 hehehe.

    • bagus itu tergantung kita butuh fasilitas apanya dulu :D

      klo cuma untuk menabung dan ambil duit via ATM BRI mungkin jangkauannya lebih luas ada jg di desa2 . Pas Duit abis bisa ke ATM yg terdekat dg desa itu :D.

      klo secara fasilitas menurut saya bca lebih bagus deh :) . dengan adanya setor tunai, e-banking, m-banking, dan ATM nya yg lebih cepat koneknya :D hehehe

    • @diabloe : iya sama…. dulu awal2 mudah banget pake sms banking, sekarang emang lebih sering error. Kadang malah baru buka sudah error gak bisa digunakan.

      Klo emang butuh banget dan sering memakai fasilitas sms-bankingnya mendingan langsung tanya ke CS BRI nya langsung ato tanya via hotline BRI aj :)

      • Gan ane kan baru bikin rekening bri smpds… (blom prnah nabung shabis bkin rekning)
        Trus kalo mau nabung step by stepnya gmana…?

      • yg pasti langsung ke bank BRI
        1. ambil form setoran (warna biru) , dan kemudian isi formnya. (biasanya ada contohnya di bank nya, klo salah ntar dibantu benerin sama tellernya kok :D)
        2. klo udah selesai form setorannya ya udah antri ke teller nya untuk setorin tabunganya,
        3. selesai deh
        hehehe

  15. sy BRITAMA dr thn 2009 buka awal 200.000 perbulan dulu itu awalnya kn cgarge 8.000 trs scr rutin bri selalu naikin trif administrasi ny smpe sekarang 11.000per bulan.
    lwt ATM transfer BRI ke bank lain: 5000
    transfer sesaama BRI: 1.000
    setor tunai di teller cab.lain beda daerah: dulu kena 5000 sekatang GRATIS..

    sy mau nnya pindah dr BRITAMA ke SYARIAH bisa ga ya?apa harus tutup buka dan buka rekening baru di syariah?
    trims

    • @putri : waaaah terima kasih mbak update infonya.
      Biasanya klo mau pindah , disuruh tutup rekening dulu *pernah tanya katanya mbk CS nya sih gitu*

      mungkin ada temen2 yg pernah melakukannya (?)

      • Aku jg lg nyari-nyari bank bwt rekening baru :D kushare hasil googlingan yach..

        Gini,
        BRI (konvensional) dan BRI syariah itu beda kepengurusan (bahkan beda bank) –> sehinggaa.. jelas harus buka rekening baru

        Bank syariah di indonesia yang bernilai lebih smpai detik ini menurutku BRI syariah,
        – Gratis administrasi bulanan
        – Gratis transaksi tarik tunai di semua jaringan ATM bersama bahkan ATM prima (misal: lewat atm BCA),
        – Gratis biaya Debit Prima (buat belanja gitu katanya)
        – Gratis biaya transfer ke rekening bank lain melalui mesin atm.

        Saldo minimum Rp 25.000,-, jika di bawah jumlah tersebut maka dikenai potongan.

        Kelemahannya: bunganya sedikit, belum ada fasilitas internet banking, jumlah cabang bank belum begitu banyak

        Aku pribadi tertarik pingin buka rekening disana :D gak masalah bunganya dikit, yg penting saldo gak punah dimakan biaya adiministrasi (coz tabunganku isinya dikit -_-)

        referensi
        http://katabaru.wordpress.com/2012/05/24/ayo-menabung-di-bri-syariah/

  16. iya bener loh.. skg bri parah.. aku tiap bulan kena 1000,500,1500, bybad. jamuari 10 ribu,mtp februari kmaren 11 ribu..total admimistrasi 16.500 di bulan feb. aga parah bri skg.. harus gimana ya baiknya?? tlg di bantu ya kawan..

  17. Aku punya rekening 2 BRI, yg 1 utk bisnis dan yg 1 utk pribadi. Baru kemarin print butab dan rekening koran utk dan ternyata biaya administrasi BRI mahal sangat kalo menurutku. Selain ada biaya transfer ke sesama BRI, juga biaya administrasi naik kalau saldo di atas 2 juta, sekitar 11rb + 1rb. Aku ga tau itu kebijakan dari mana, mungkin jg berkaitan sama pajak. Cuma jadi ga nyaman sekarang kalau pakai rekening BRI, jd sy lebih milih pindah ke bank lain aja. Kebijakan baru BRI kok semakin memberatkan kliatannya. Hehehe,,,

  18. Saya punya rekening BRI Simpedes.. Kira2 2 hari yg lalu saya mw melakukan transfer ke Bank Mandiri melalui sms banking BRI saya sebesar Rp 1.800.000.. Tetapi sms balasannya, “Transaksi gagal. transaksi melebihi limit”..
    Yang mw saya tanyakan, “Berapa batas limit (max.) transfer BRI ke bank lain per harinya dengan menggunakan sms (mobile) banking ya?” Mohon bantuannya..

    • @adrianus : saya dulu pernah transfer via BRI Simpedes lebih dari 1jt , tp emang gak langsung nominal tersebut. saya 2x transfer yg nominalnya kurang dr 1jt.

      Ato ada temen lain yg pernah kejadian sperti adrianus ini?

      • @ahmad : hem? klo BRI SImpedes tetep kena kok mas tiap bulannnya 5rb dan BRitama 10rb.

        Gak tau lagi klo bunganya bisa nutupi biaya adminya kan impas hehehe :D
        tp klo Britama kadang potongannya gak jelas jg. Kadang potongannya 10rb kadang 11rb -_- (klo sperti ini mungkin bs langsung k BRI nya tanya langsung)

  19. Kalo dr semua komen2 / masukan yg saya baca, kayaknya untuk calon nasabah yg tidak terlalu memakai banyak fasilitas seperti m-banking atau e-banking (jd seringnya cuma buat setor / tarik tunai, buat perputaran bisnis yg masih sifatnya sederhana) lebih cocoknya SIMPEDES atau BRI Syariah ya.. Tp mohon maaf sebelumnya, kalo kliatannya norak nih, boleh berkenan minta penjelasan sedetil2nya tntng beda e-banking, m-banking dan sms banking ? Kalo misalnya saya mau buka BRI Syariah, trus orang2 mau transfer ke saya, apa adaa ya kira2 pilihan menunya di layar atm untuk transfer ke BRI Syariah ?
    Trus, jika berkenan jg, adaa yg bisa share nggak dngn biaya2 potongan dr bank2 lain seperti BNI, CIMB Niaga, Lippobank, Panin Bank dll..
    Makasih sebelumnya.. Mudah2an adaa yg berkenan bantu memberikan solusi terbaik.

    • @eno : sy jawab yg sy tau aja ya mas :D hehehe.
      > SMS bangking sama aja dengan m-bangking mas.
      (m-bangking = mobile angking) : ini transaksinya pake handphone.
      Klo e-banking itu pake internet mas ( bs pake PC, Leptop)

      > Setau saya sih klo dr BCA ato BRI biasa gak ada, tp biasanya beberapa Bank memberikan fasilitas untuk transfer ke rekening bank lain. (tp tidak smua bank). Klo mmg untuk usaha mendingan pake BRI biasa aja mas SIMPEDES klo mw yg murah potongannya ^^

      > Untuk Bank Lain mungkin ada yg bisa bantu mas Eno ? :)

  20. Saya mo nanya nih. Rencananya saya mau bikin rekening BRI sekalian bikin atm nya. Nah terus kalo saya make BRItama tiap bulan kena charge berapa yah? Mohon pencerahan.

  21. saya baru bikin rekening 2 bulan, bulan pertama saya kena potongan 11 ribu, nah baru minggu kemaren saya ambil tunai di atm, dan ternyata pas liat saldo saya kena potongan 12 ribu. maksudnya ini apa ya. bri gede banget sih motongnya -_-

    • @camardewanti : sebelumnya melakuakan transaksi apa camar? Transfer ato apa?
      Tapi emang biaya BRI trutama BRITAMA , emang ada potongan lebih besar dari Simpedes.
      MUngkin bisa kamu tanyakan langsung ke bank nya, spy jelas :D

  22. Saya transfer uang dr taiwan ke rekening bri saya.terus saya suruh keluarga ngecek disana kata petugasnya udah masuk.biasanya langsung di print ke buku tabungan.tapi waktu saya transfer kmrn itu katanya tidak bisa di print ke buku tabungan.katanya klo mau nge print harus pemiliknya yg datang.tapi saya kan jauh.apa benar ada peraturan baru seperti itu.?dan apakah tidak ada masalah jika di print nya nunggu saya pulang..?

    • @putri : iya mbak akhir2 ini memang BRI banyak mengeluarkan aturan2 baru, yang kadang berubah2 juga sih. Sepertinya blm fix juga…
      Untuk yg ngeprint harus pemiliknya langsung emang ada tulisan begitu di buku tabungannya. Mungkin bisa buat surat kuasa aja kepada family nya yang disuruh untuk ngeprint tabungannya :)

  23. dulu saya pake britama, yg tadinya potongan 9000 jadi 10.000, trus stlah saldo diambil cuma sisa 60 dan gak nabung2 lagi jadi habis, dan hangus.

    sekrang bingung mau buka lagi pake yang mana?
    kemaren saya tanya bri-junio potongan cuma 5000 [katanya] blum tau fiturnya apa aja..

    trus kira2 kalo bunganya gmn yah antara britama, simpedes, syariah dan bank2 lain juga.
    mohon pencerahannya kakak

    • @secreta : klo untuk Britama Emang segitu potongannya. Klo mau potongan yg lebih murah ya pake Simpedes aja tiap bulan 5000 potongan administrasinya :)

  24. Aku bingung mau buka rkening dmna,krn ya itu perubahan ketntuan yg kdng tanpa pemberitahuan nasabah.Awalnya pgn nabung yg gk ada biaya admin,tmnku nyaranin ke danamon.Tp klo awalx enak takutnya blakangan ada apa apa juga.Nah ni aku mo tanya,klo pilih BRI enakan britama ato smpedes?Trs klo BCA enakx ap aj?Soalnya aku pngalaman dlu waktu msh pelajar nbung2 dbank itu kapokx krn saldo menyusut (?) kbnykn biaya admin,trs gk prnh pke ATM juga (sebut aj ktnggalan jman -_-),krn aku klo mo setor ato narik lngsung ke teller lngsung dan antrix brjam2.

    • klo BRI aku lebih pilih Simpedes krn potongannya dikit (meskipun gak bisa E-bangking)
      Klo bikin rekening BRI mendingan bikin ATM, krn menurutku lebih enak pake ATM (hemat waktu dan hemat uang :D )

      KLo BCA kelebihannya bisa dilihat pada tulisan blog di atas :D

  25. permisi, numpang nanya mas/mbk..saya masih buta tentang menabung di bank, dan berencana membuka rekening..untuk bri, apakah bri syariah memang tdk ada potongan??
    lalu, apakah di tiap kota bri syariah uda ada??
    atm bri syariah apakah uda banyak di tiap kota?? takutnya susah waktu mau narik tunai
    trims buat mas/mbak yg sempat membalas

    • @ EKa nugraha : Katanya sih untuk BRI syariah mmg gak ada potongannya administrasinya tiap bulan.

      Kayanya skrg dah mulai ada d kota2 , untuk ATM sy kurang tau T.T .
      Mgkn ada teman2 yg lain yg tau ttg BRI syariah?

  26. mbak, penutupan simpedes 50rb atau 25rb?
    mau ke bangbri males bgt.
    tp klo nyisain di atm juga harus 50rb ya?
    pdhl skr atmnya 100an semua.

    uangku 210rb bingung mau diapain. transfer kepotong. penutupan juga kepotong. dibiarin hangus kan. huaaa…
    nangis nangis nangain… :(

  27. saya nabung di bri simpedes ga pake ATM per bulan kena 5000,, dlm 2 thn,, alhasil duit berkurang buat administrasi,,,,, ada yg tw penyesuayan bunga itu bagaimana brp %dari saldo,,, atw batasanya, mkz

    • AKu agak lupa bunga nya BRI :D
      Tp klo tabungan kita di atas 6jt kayaknya antara bunga dan biaya adnibistrasi sama. Jadi bisa IMPAS klo kita bisa punya tabungan segitu d Simpedes BRI hehehehe

  28. saya abaru aja buka rekening di bank BRI dan ambil Britama, setoran awal 250.000 dan biaya admin tiap bulannya 12000. itu kalo misalnya tiap bulan saya isi misalnya 1000000 dan saya ambil misalnya 500.000 itu nanti jumlahnya kira kira jadi berapa? mohon dibantu mba :)

  29. Mbak eliyana aku mau tanya, saya masih kelas 1sma. Saya ada bisnis online shop mba, dan saya memakai atm btn atas nama saya sendiri, tapi os jarang dan nggak ada yang pakai btn.
    Padahal btn potongannya nggak ada walaupun bunganya sedikit.

    Dan saya berniat membuka atm bca atas nama kaka saya, tapi saya yang handle.

    Mau tanya kalo sms banking bca itu, cara mengaktifkannya di atm bisa? Atau harus ke kcp terdekat. Tadi saya baca ada biaya token, token itu apa ya mbak?

    Dan tadi saya baca juga kalo bca bisa setor tunai di atm? Mesin atm maksudnya? Mohon pencerahannya mba :)

    Dan terakhir mba, ada bca junior nggak mba? Kalo ada bisa transfer nggak? Soalnya temen saya buka mandiri junior dan dia nggak bisa transfer cuma bisa nabung,ditransfer,tarik tunai,dll.

    Maaf mba, banyak nanya :D tapi mohon pencerahannya :)

    • @riska : klo mau sms banking minta nya di bank bca terdekat bisa.
      Klo token itu biasanya khusus untuk transaksi e-bangking , model mirip kalkulator kecil gitu :)

      Klo setor tunai, mesinnya bukan untuk ATM jadi mesinnya khusus untuk memasukkan duit ke ATM. Jadi kayak kita nabung tapi duitnya dimasukin via mesin dan langsung otomatis masuk deh kerekening kita :)

      Smoga gak bingung ya dg penjelasaan saya ^_^

  30. Numpang nanya ya?
    Saya buka rekening BRI britama tgl 7 januari dgn setoran awal 4.000.000, trus saya cek pake sms banking tgl 23 januari udah berkurang kira-kira 11500, kok belum ganti bulan udah kepotong. apa pake sms banking kena potongan juga…
    terima kasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s